Menjadi Orang Kreatif

Menurut Austin Kleon, kreatif adalah melihat dari sudut pandang berbeda. Kreatif adalah mampu menyiasati keterbatasan. Kreatif adalah menemukan solusi terbaik dari permasalahan. Sedangkan menurut Sikan, kreatif adalah apa yang dikatakan oleh Austin Kleon tadi. Nah, sekarang terserah Shohabat, mau percaya Sikan atau Austin Kleon?

Kreativitas sangat berperan besar dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia. Untuk menjadi seseorang yang memiliki kreativitas tinggi bukan hal yang mudah lho, Shohabat. Tapi kalau kita ingin berusaha untuk mengasah kreativitas yang ada dalam diri kita, itu bukan hal mustahil. Karena segala sesuatu yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh, semua akan menjadi mungkin, termasuk makan ayam penyet pakai gayung.

Beberapa tips dari Sikan ini mungkin bisa bermanfaat untuk Shohabat agar bisa mengasah kreativitas. Mari kita let’s go!

1. Lakukan Sesuatu yang Berbeda

Kalau ingin meningkatkan kreativitas, tentu Shohabat harus berani melakukan hal-hal yang belum pernah atau jarang dilakukan sebelumnya. Lebih baik lagi kalau kegiatan yang baru Shohabat lakukan adalah sesuatu yang mendukung profesi utama. Misalnya, fotografi. Shohabat bisa mengembangkannya dengan cara belajar komposisi, angle maupun yang lain. Dengan begitu Shohabat bisa lebih mengimprovisasi pengambilan gambar secara kreatif. Betul, tidak?

2. Banyak Membaca

Sederhananya, intensitas membaca yang tinggi sudah pasti akan meningkatkan pengetahuan Shohabat terhadap berbagai macam hal. Membaca buku, koran, majalah, portal berita daring bisa menjadi bacaan yang bermanfaat untuk Shohabat.

Banyaknya wawasan dan pengetahuan yang Shohabat dapat dari membaca juga mampu meningkatkan kreativitas. Kenapa begitu? Karena ketika mendapat sebuah tantangan, Shohabat akan mampu berpikir, membuat rencana dan bertindak dengan menggunakan berbagai macam informasi yang tersimpan di otak Shohabat. Ingat itu. Jangan cuma ingat tanggal gajian terus!

3. Rajinlah Mengabadikan Sesuatu

Hal lain yang sangat membantu untuk melatih kreativitas adalah dengan sering membawa buku catatan ke mana pun Shohabat pergi. Ide bisa muncul dari mana saja dan kapan saja ketika Shohabat melihat atau mendengar sesuatu.

Ide itu bisa dikatakan semacam jelangkung; datang tak dijemput, pulang tak mau bayar ongkos ojek. Ide bisa cepat hilang dari kepala kalau kita enggak cepat-cepat menangkapnya. Ketika mendapat ide, segerakanlah tulis poin-poinnya di buku catatan yang Shohabat bawa. Kalau Shohabat enggak bawa buku catatan, solusinya adalah merekamnya di voicenote yang ada di handphone dalam bentuk rekaman suara. Ini penting, karena sebuah ide merupakan fondasi kita untuk mengerjakan sesuatu. Akan sangat disayangkan kalau ide-ide yang terlintas dibiarkan tergantung di kepala tanpa diberi kepastian.

Demi ketoprak ternikmat yang ada di seberang workshop Sindikat Otak Kanan, sesungguhnya masih banyak tips-tips untuk menjadi orang kreatif yang ingin Sikan bagikan kepada Shohabat, tapi enggak di sini. Pasti akan jauh lebih asyik kalau kita saling berbagi sambil makan ketoprak bersama. Cihuy enggak, tuh?!

Shohabat bisa langsung datang ke workshop Sindikat Otak Kanan yang beralamat di Bengkong Indah Blok C No. 79, Batam – Indonesia. Di workshop, kita bisa saling berbagi tentang apapun. Enggak usah sungkan untuk datang, karena memberi solusi kreatif adalah salah satu layanan yang Sikan sediakan demi kesejahteraan dan kebahagiaan bersama. Sikan tunggu kedatangannya di workshop yaShohabat!

 

Penulis: Satria Julio Syahputra