Manfaat Komunitas untuk Usaha Kita

Manusia selain sebagai makhluk individu, juga disebut sebagai makhluk sosial. Artinya, manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang lain, bukan cuma berinteraksi dengan kenangan masa lalu aja.

Dalam sebuah usaha, tentunya kita enggak bisa mengelola dan menjalankannya sendirian. Sikan yakin, Shohabat juga pasti tahu kan kalau menghadapi kesendirian itu butuh tenaga yang ekstra? Oleh sebab itu kita membutuhkan sekelompok orang yang memiliki kesamaan nilai maupun ide. Kelompok yang Sikan maksud adalah komunitas.

Lalu, apa hubungan usaha kita dengan komunitas?

Perlu Shohabat ketahui, komunitas itu memiliki banyak manfaat untuk usaha Shohabat. Dengan berkomunitas, kita dapat mengembangkan usaha kita agar lebih maju dan berkembang. Sikan ingin berbagi beberapa manfaat komunitas untuk usaha Shohabat, nih. Pada mau tahu enggak? Mau tahu banget? Eh, tapi kasih tahu enggak, ya?!

Demi menjunjung tinggi rasa per-Shohabat-an dan rasa sayang Sikan kepada mantan, eh maksudnya kepada Shohabat tercinta, Sikan akan bagikan secara cuma-cuma. Cekidot!

1. Jaringan Bisnis

Intensnya pertemuan atau diskusi antar anggota dalam komunitas, baik itu dalam pertemuan offline maupun online menjadikan hubungan para anggota enggak sekadar hubungan biasa, namun sudah menjadi hubungan yang akrab dan emosional. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, jaringan bisnis bisa membantu dengan mendiskusikan bersama-sama atau memberikan solusi berdasarkan pengalamannya.

2. Informasi

Salah satu fungsi dari komunitas adalah mudahnya para anggota untuk saling bertukar informasi dan pikiran, atau sharing mengenai hal apapun, termasuk dunia kreativitas tentang wirausaha atau bisnis. Shohabat akan menemukan ilmu yang terkadang enggak kita dapat dalam teori bisnis. Sedangkan bagi yang belum memiliki usaha, perbincangan dengan orang yang sukses dengan bisnisnya akan semakin menumbuhkan keinginan Shohabat untuk segera memiliki kekasih. Eh, maksudnya memiliki usaha. Hehe.

3. Menemukan Pasangan Hidup

Selain manfaat-manfaat di atas, bergabung dalam sebuah komunitas juga berpotensi untuk mendapatkan seorang pendamping hidup lho, Shohabat! Barangkali, lewat obrolan-obrolan tentang bisnis, berlanjut ke obrolan “kapan kamu pakein aku cincin di jari manis?” Ah, so swiiit!

Itulah beberapa manfaat komunitas untuk diri kita, Shohabat. Kira-kira, dari ketiga poin di atas, manfaat nomor berapa yang menurut Shohabat paling menguntungkan? Kalau Sikan sih yang nomor tiga. Ehem.

Terinspirasi oleh: Smartbisnis

Penulis: Satria Syahputra