Kabar Gembira, Instagram Resmi Rilis Fitur Live Streaming!

Beberapa waktu lalu, Sikan memuat tentang Instagram di media sosial yang dikabarkan akan menyediakan fitur live streaming mirip Facebook. Senin kemarin, tepat tanggal 21 November 2016, akhirnya Instagram membuktikan kepada para penggunanya bahwa janjinya bukan sekadar janji-janji manis. Benar, sekarang Instagram sudah resmi merilis fitur live streaming, Shohabat.

Live streaming ini melengkapi fitur Instagram Stories yang sudah diluncurkan sejak Agustus lalu. Dengan fitur baru ini, pengguna Instagram bisa menayangkan dan menyiarkan video kegiatan atau peristiwa di sekitar mereka secara langsung.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Shohabat cuma perlu menggeser feed ke kanan, lalu tinggal menekan tombol “Start Live Video”, setelah itu Shohabat bisa mulai berbagi momen bersama teman, keluarga, sahabat, pacar, mantan pacar, mantan gebetan, atau siapapun dan apapun momen yang ingin Shohabat bagikan kepada pengguna lainnya. Hanya saja, fitur ini cuma bisa digunakan selama satu jam. Berbeda dengan Facebook, video live di Instagram ini enggak bisa ditayangkan ulang setelah tayangan berakhir. Durasi untuk video ini dibatasi hanya satu jam.

Fitur lain yang dirilis oleh Instagram adalah konten ephemeral yang merupakan tambahan pada fitur Instagram Direct. Dengan fitur ini Shohabat bisa mengirim video atau foto secara langsung kepada teman atau grup yang ada di Instagram Direct. Setelah foto atau video itu dilihat oleh orang yang dituju, maka ia akan secara otomatis menghilang. Mirip Snapchat? Ya, benar. Tapi Sikan salut dengan Kevin Systrom, ia mengakui bahwa fitur yang dirilisnya ini memang diadaptasi dari Snapchat.

Namun, seperti yang dikutip dari CNNMoney, Instagram sendiri masih menyimpan konten-konten ephemeral itu selama waktu tertentu, agar bisa dievaluasi. Jadi, bagi Shohabat yang belum bisa menikmati fitur baru yang dirilis oleh Instagram ini, bersabar dulu, ya! Rencananya, fitur ini baru bisa dinikmati merata oleh semua pengguna Instagram di dunia dalam sepekan mendatang.

 

Penulis: Satria Julio Syahputra