Memikat Konsumen dengan Company Profile yang Profesional

Jadi, Anda sudah punya logo perusahaan? Atau mungkin, Anda juga sudah punya slogan bagi usaha Anda? Lalu, bagaimana caranya supaya usaha Anda, beserta logo maupun slogannya tersebut, bisa dikenal oleh konsumen?

Di sinilah pentingnya sebuah company profile bagi usaha yang Anda miliki. Company profile adalah sebuah media yang berisikan serba-serbi perusahaan, mulai dari identitas perusahaan, sejarah berdirinya, visi dan misi, ciri khas, hingga bidang usaha yang dijalani, sehingga konsumen dapat memutuskan bahwa usaha Anda adalah pilihan yang cocok bagi mereka.

Baca juga:  5 Syarat Company Profile Hebat

Company profile dapat berbentuk media cetak, seperti buku saku (buklet) maupun brosur. Selain itu, juga bisa berupa media audio visual berbentuk video. Apa pun medianya, company profile haruslah memuat hal-hal penting yang mampu mengenalkan usaha Anda kepada konsumen dan disajikan secara profesional.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dicantumkan untuk membuat company profile yang menarik.

1. Identitas perusahaan.

Kenalkan identitas perusahaan Anda, karena identitas perusahaan memegang peranan penting dalam sebuah company profile. Mencakup didalamnya nama perusahaan, logo, slogan, hingga seragam yang dikenakan para karyawan dan warna tema yang membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan kompetitor. Jangan lupa pula untuk mencantumkan alamat usaha, baik kantor pusat maupun kantor cabang, beserta foto lokasi dan gedung usahanya sejelas mungkin.

2. Sejarah perusahaan.

Company profile dapat dilengkapi dengan sejarah perusahaan, sehingga konsumen dapat mengetahui latar belakang berdirinya perusahaan yang Anda miliki. Tak hanya itu, perusahaan yang sudah lama berdiri juga bisa memasukkan sejarah perjalanannya hingga menjadi seperti sekarang ini. Tentunya, itu akan menjadi nilai tambah karena konsumen dapat melihat ketahanan dan kemampuan perusahaan dalam beradaptasi menghadapi lingkungan usaha yang terus berubah.

3. Visi dan misi.

Sebuah perusahaan takkan berdiri tanpa adanya visi maupun misi di dalamnya. Visi dan misi inilah yang menjadi pegangan bagi perusahaan untuk menentukan langkah, sebagai pedoman, serta tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Konsumen tentunya akan mencari perusahaan yang sejalan dengan visi dan misi mereka.

4. Ciri khas dan prestasi.

Tunjukkan bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang berbeda, profesional, dan mampu menjawab kebutuhan konsumen. Ini tampak pada budaya kerja yang diusung oleh perusahaan. Tunjukkan pula prestasi-prestasi yang sudah pernah diterima, proyek-proyek yang sudah pernah ditangani, maupun para klien yang sebelumnya maupun saat ini sedang bekerja sama dengan perusahaan Anda. Tentunya, itu akan membantu menaikkan kredibilitas usaha Anda di mata konsumen.

5. Bidang usaha dan produk unggulan.

Company profile Anda takkan lengkap jika tak disertai dengan bidang usaha maupun produk yang menjadi unggulan dari perusahaan yang Anda miliki. Inilah daya tarik utamanya, karena konsumen selain mencari perusahaan yang profesional dan kredibel, juga mencari perusahaan yang menyediakan jasa atau produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ada hal-hal lain yang ingin Anda tambahkan selain yang telah disebutkan di atas? Tidak masalah sejauh company profile Anda ditangani dan disajikan secara menarik dan profesional.

Di Sindikat Otak Kanan, kami menangani company profile dari para klien dengan penuh dedikasi. Kami memproduksi sendiri video company profile Anda secara orisinal, mulai dari pengonsepan, pengambilan gambar, hingga pembuatan latar musik dan voice over. Anda dapat langsung segera mengontak kami untuk mengonsultasikan kebutuhan company profile Anda.